Masuk

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Titip Rindu Buat Pemimpin Sikka 2024- 2029

Sabtu, 06 Juli 2024 | Juli 06, 2024 WIB Last Updated 2024-07-06T11:33:49Z
Oleh Marianus Gaharpung, Dosen FH Ubaya, Lawyer dan Ketua Dewan Pembina DPC Peradi Sidoarjo


Newsdaring- Sikka - Pemilihan kepala daerah (pilkada) akan serentak dilaksanakan 27 November 2024 yang akan datang. Sikka dan beberapa kabupaten/kota di NTT juga ikut "turnamen" lima tahunan ini.


Wajah Sikka dari ujung ke ujung di selimuti spanduk dan asesoris dari setiap bacabup dan bacawabup yang akan bertarung pada pilkada. Siapa yang lolos administrasi KPU hanya para calon yang tahu. Ada foto  sudah lengkap dengan pasangannya, contoh Paket SARR dan Flory Mekeng- Ken.  Ada juga yang masih singel karena batas masa waktu untuk penetapan KPU atas bacabup dan bacawabup medio Agustus. Semua warga terus menanti Surat Keputusan partai- partai diberikan kepada paket bacabup dan bacawabup yang mana.


Pilkada Sikka kali ini harus memberikan pendidikan politik yang jujur dewasa dan beraklak kepada warga Sikka. Akun- akun palsu jangan dipakai sebagai jualan murahan selama proses pilkada.


Jika praktek kepalsuan ini menjadi jualan yang produktif maka sudah pasti warga Sikka akan mendapatkan pemimpin Sikka yang tidak berbobot dan mengecewakan.


Kegagalan memilih pemimpin di masa- masa kemarin menjadi catatan serius bagi warga Sikka. Proyek gagal alias mangkrak, dugaan korupsi dan korupsi terus menjadi trend pemerintahan kemarin. Sampai warga kali ini justru  banyak ASN yang jadi "tumbal" kasus korupsi.


Warga Nian Sikka sangat berharap kepemimpinan Sikka periode 2024- 2029 di nahkodai oleh pasangan yang suka kerja, petarung memiliki komitmen peningkatan investasi dan terutama tata kelola pemerintahan yang bersih serta bebas dari KKN.


Ekonomi Sikka tidak akan menggeliat maju jika hanya berharap bantuan  belas kasihan dana dari pemerintah  pusat lalu dianggap suatu prestasi dari sang pemimpin. Itu hal biasa karena hal demikian kewajiban konstitusional pemerintah pusat dampak dari konsep Otoda.


Konsep desentralisasi kepada kabupaten dan kota bertujuan agar para pemimpinnya kreatif inovatif responsif serta adaptif dalam mengelola tata pemerintahannya terutama investasi agar daerah tersebut tumbuh di atas kakinya sendiri. Oleh karena itu, tugas kepala daerah tidak hanya duduk diam melaksanakan administrasi pemerintahan tetapi bagaimana menggali potensi daerah dipromosikan kepada para investor baik dalam negeri maupu luar negeri.


Oleh karena itu, warna dan gaya kepemimpinan para pemimpin Sikka 5 tahun ke depan sudah pasti berbeda. Investasi yang menjadi primadona wajib digenjot luar biasa demi peningkatan PAD dan penyerapan tenaga kerja warga lokal.


Oleh karena itu,  pembenahan dan penerapan Perda atau perbup di Sikka harus tegas dan komitmen tanpa pandang bulu kepada warga yang melanggar demi kewibawaan pemerintahan.


Karena realita selama ini ada dugaan Perda/perbup yang diterapkan masih terungkap adanya pelanggaran asas kepastian hukum, kecermatan serta asas ketidakberpihakan, Pasal 10 UU No. 30 tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan. Pelaku usaha masih saja mengeluh kaitan urusan perinjinan.


Pelaku usaha masih merasakan kurangnya pengawasan serta pembinaan terhadap pelaku usaha. Kalau mau  Perda atau Perbup ditegakkan harus sama rata dan adil kepada siapa saja. Mampuhkah bupati dan wakil bupati terpilih wujudkan harapkan warga yang demikian ini? 


Faktanya,  perumahan cafe hotel  yang letaknya di pinggir pantai ada yang sudah mempunyai SHM, SHGB dan lain- lain sepanjang  dari Geliting sampai Wuring sudah sesuai dengan RDTR Wilayah Pemkab Sikka atau tidak.


Apalagi RDTR Wilayah Pemkab Sikka belum terverifisikasi oleh Kementrian Investasi terbukti dari video Kementrian investasi RI bahwa 10 kabupaten/ kota di NTT, Perbup RDTR Wilayah Pemkab.


Sikka belum terintegrasi dengan online singel subsmission (OSS) Kementrian Investasi.  Sehingga jujur saja tata kelola pemkab Sikka perlu pembenahan serius dan tegas dari bupati wakil bupati 2024- 2029. 


Pilkda November, warga tidak bisa asal pilih pemimpin berdasarkan suka atau tidak. Tetapi lihat komitmen dan sikap calon selama ini pernah memimpin Sikka dan pingin maju lagi. 


Dan, siapa yang akan memimpin Sikka ketika selama ini mereka membangun relasi hidup sosial kesehariannya. Keselamatan Nian Tana Sikka di tangan anda sekalian. 


Titip rindu buat pemimpin Sikka 2024- 2029 kerja jujur dan komitmen akan pembangunan Sikka agar warga sungguh marasakan hadirnya pemerintah untuk kesejahteraan rakyat Sikka bukan sebaliknya demi harta karun sang pemimpin dan kroninya. Salam kebanggaan warga Nian Sikka " Salam multikultur"