Masuk

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

KPU Sikka Gelar Rapat Koordinasi Jelang Pemilu Kepala Daerah

Kamis, 18 Juli 2024 | Juli 18, 2024 WIB Last Updated 2024-07-17T22:32:07Z
Rapat Koordinasi persiapan pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur NTT dan Bupati, wakil bupati Sikka oleh KPU


Newsdaring-Sikka - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka menggelar rapat koordinasi (Rakor) persiapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sikka bersama Stakeholder Tahun 2024, Rabu,(17/07/2024).


Kegiatan yang digelar di Aula Lantai 3 Kantor Bupati Sikka oleh Penjabat Bupati Sikka, Adrianus Firminus Parera, SE,M.Si. Dirinya menyampaikan dukungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sikka untuk Pilkada serentak 2024 berupa anggaran, tenaga Aparatur Sipil Negara (ASN) dan fasilitas lainnya.


Pemda Sikka sudah maksimalkan dukungan Pilkada Sikka melalui kebijakan anggaran dalam bentuk hibah Pilakada dan telah realisasi 100%.  Selain itu, dukungan ASN yang ditempatkan di sekretariat PPK dan sekretariat Panwascam serta fasilitas sarana prasaran berupa sekretariat kantor PPK, “Ungkapnya.


Dijelaskan lebih lanjut, rapat koordinasi ini untuk memastikan kerja tim lebih baik dan terarah dengan sistem dan tata kerja yang baik.  Jadi koordinasi ini dimaksudkan untuk memastikan kerja tim lebih terarah dengan sistem dan tata kerja yang baik sehingga Pilkada ini dapat terlaksana dengan aman dan lancar”. ungkap Pj Bupati Sikka Adrianus Firmus Parera. 


Dikesempatan yang sama Ketua KPU Sikka, Herimanto dalam sambutan mengatakan kegiatan ini penting dalam rangka kesiapan tahapan Pilkada Tahun 2024 sekaligus silaturahmi, komunikasi serta koordinasi kepada seluruh stakeholder.  


“Kami harap dengan Rakor ini dapat memperkuat komunikasi dan koordinasi untuk mewujudkan Pilkada tahun 2024 di Kabupaten Sikka yang aman, lancar damai dan bermartabat” ungkapnya. 


Dalam menjalankan tahapan Pilkada, tiga aspek penting yang menjamin kesuksesan Pilkada yakni, pertama sumber daya manusia (SDM) dimana saat ini KPU Sikka dalam melaksanakan tahapan Pilkada dibantu 687 penyelenggara ad hock yakni 105 orang PPK tingkat kecamatan dan 582 PPS tingkat Desa/Kelurahan dibantu sekretariat masing-masing sebanyak 645 orang. 


Kedua apsek teknolgi informasi. Saat ini KPU Sikka selalu menggunakan sistem informasi sebagai alat kerja yakni sistem informasi anggota KPU dan badan ad hock (Siakba), sistem informasi data pemilih (Sidalih), sistem informasi pencalonan (SILON) dan bisa juga di pemungutan dan penghitungan suara menggunakan sistem informasi rekapitulasi (Sirekap).


Ketiga, apsek dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sikka beserta forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) dan stakeholder lainnya. 


Kegiatan kemudian dilanjutkan pemaparan materi oleh Penjabat Bupati Sikka, Kabag OPS Polres Sikka dan Ketua KPU Sikka. 


Hadir dalam kegiatan, Komandan Angkatan Laut Maumere, Pejabat yang mewakili Polres Sikka, Pejabat yang mewakili Komandan KODIM 1603 Sikka, Anggota KPU Sikka, Pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Sikka, Bawaslu Sikka, Pimpinan Lembaga Keagamaan, Pimpinan Lembaga Perguruan Tinggi, Pimpinan Organisasi Pemuda Mahasiwa, Kasubag, ASN dan PPNPN Sekretariat KPU Sikka .