Masuk

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Dr. YohanesPutra Sikka NTT Peeraih Juara I Lomba Menulis Cerpen Antalogi Tingkat Nasional 2024

Kamis, 13 Juni 2024 | Juni 13, 2024 WIB Last Updated 2024-06-13T15:25:34Z

 


Newsdaring-Sikka - Dr. Yohanes Nong Loar, M.Pd adalah putra kelahiaan Apinggoot Kabupaten Sikka Propinsi NTT,  mengikuti Lomba Penulisan Puisi dan Cerpen Antalogi Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Lingkar Penulis Indonesia. 


Dalam pengumuman yang disampaikan menempatkan Dr. Yohanes sebagai Juara I dalam penulisan cerpen dengan thema “Jadilah Diri Sendiri” setelah menyisikan 57 peserta dari 58 peserta setelah mengeliminari ribuan peserta dari seluruh Indonesia.


Judul yang diusung dalam penulisan Cerpen Antalogi ini adalah  “Aku Pribadi Yang Unik” yang tidak boleh keluar dari thema yang disampaikan ileh panitia yaitu “Jadilah Diri Sendiri”. Penilaian sendiri sangat ketat karena menampilkan para penulis hebat seluruh Indonesia termasuk para penggiat literasi dan numerasi yang berpengalaman melanglang buana dari media massa dan karya mereka telah diterbitkan oleh Peberbit berskala Nasipnal. 


Pengumuman lolos seleksi tahap kedua penulisan Puisi dan Cerpen Antalogi Tingkat Nasional

  



Selain mengirimkan cerpen, John sapaan akrab setiap hari ini juga mengirimkan dua puisi dengan judul “Aku Pribadi Yang Unik” dan “Jiwaku” dengan mengusung thema yang sama oleh panitia penyelenggara. Tetapi kdua puisi ini  masuk pada tahap ke dua penyeleksian dan tereleminasi pada pemilihan dan penilaian juara 1, 2, dan 3. Dalam seleksi penyisihan  pada tahap  ke dua masuk kategori penialian Bersama peserta lainnya berjumlah 84 peserta.  


Dengan menyabet Juara I Penulisan Cerpen Antalogi Tingkat Nasional Tahun 2024, Dr. Yohanes berhak mendapat Setifikat Cetak Juara I, Trophy, dan Buku Antalogi Cerpen dan Puisi yang diterbitkan oleh penerbit berskala nasional.


Selain itu pemenang akan mendapatkan royalty dari hasil penjualan buku antalogi secara online di beberapa market online di seluruh Indonesia. Bagi para pengagum karya sastra dapat memesan secara online pada situs penerbit dan panitia pelaksana.

               

 Pngumuman Juara lomba Penulisan Cerpen Antalogi Dr. Yohanes adalah alumni SDN Inpres Ahuwair, SMP PGRI Egon dan SPG Don Bosco Maumere dalam pendidikannya telah meraik lima gelar akademik yaitu S.Pd, E.Ed, M.Pd, M.M, dan Doktor pada beberapa perguruan tinggi ternama. Pekerjaan sehari-hari adalah menulis dan membaca buku-buku filsafat, politik, sejarah dan kebudayaan serta antalogi dan riwayat tokoh-tokoh dunia yang melakukan perubahan dalam sejarah konteporer dunia serta perkembangan ilmu  pengetahuan dan teknologi.




Banyak kaya tulis berupa Jurnal yang diterbitkan oleh perguruan tinggi dan penerbit nasional dapat digunakan sebagai referensi dalam kajian ilmu dan teknologi.


Antologi Puisi dan Cerpen diterbitkan oleh penerbit nasional Alfabeta Indonesia. Judul Bukunya adalah “SARISAPU), (Satu Hari Satu Puisi) dan Buku Cerpen Berjudul “SARISATA” (Satu Hari Satu Cerita) diterbitkan dalam Bilingual (dua bahasa), Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.


Buku-buku ini juga dijual secara online pada Penerbit Alfabeta Indonesia diantaranya. Karya Buku Puisi Antalogi Dr. Yohanes dan Karya Buku Cerpen Antalogi Dr. Yohanes. 


Deminkian cerita singkat tentang sang juara cerpenis asal Maumere Kabupaten Sikka  yang pernah melanglang buana di kora Makassar, Timor Leste, Surabaya, Bandung dan Jakarta. Kita menunggu hasil karya sastra selanjutnya semoga menjadi insiprasi bagi benerasi muda Indonesia agar terus berkarya memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam berbagai bidang kehidupan sesuai dengan pilihat minat dan bakatnya masing-masing. (AH)