Masuk

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Hadirnya ASPETIN untuk Menjaga Populasi Ternak

Minggu, 10 September 2023 | September 10, 2023 WIB Last Updated 2023-09-09T23:12:10Z


NEWSDARING-KUPANG-Hadirnya Asosiasi Pengusaha dan Peternak Indonesia (ASPETIN) untuk menjawab tantangan yang dihadapi oleh pengusaha dan peternakan di Nusa Tenggara Timur. ASPETIN juga akan menjadi mitra pemerintah karena mengingat Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu provinsi ternak ke 5 di Indonesia. ASPETIN juga berkomitmen agar populasi ternak di NTT tetap terjaga. 


Kepada awak media di ruang Kolbano Swis Berlin Hotel,09/09/2023, Ketua umum ASPETIN Wihers R. Herewila mengatakan bahwa, "NTT mendapatkan predikat sebagai provinsi ternak ke 5 secara nasional, sehingga pentingnya tetap menjaga peningkatan populasi.


"Mengingat NTT ini mendapatkan predikat sebagai provinsi ternak ke 5 secara nasional sehingga yang perlu di jaga adalah peningkatan populasi, salah satunya melarang pemotongan sapi betina dengan menggandeng pemerintah dan pengembangan lewat pembibitan untuk perbaikan mutu ternak kita," ungkapnya.


"Potensi peternakan di NTT ini sangat besar, namun ada banyak persoalan dan kebijakan yang belum berpihak pada pengusaha dan peternak. Oleh karena itu hadirnya ASPETIN ini untuk membantu memfasilitasi, melindungi, kepentingan anggota dan usahanya," jelas Wihers.


Organisasi ASPETIN tersebut berskala nasional dan pusatnya berada di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).


"ASPETIN ini cakupannya nasional namun lokasinya di Kota Kupang, NTT. Supaya kita dapat membuka kemitraan ke seluruh wilayah di Indonesia," Katanya 


Dia juga mengatakan, terkait semua jenis pakan ternak saat ini masih menjadi persolan di NTT yang belum ada jalan keluar. 


"Contohnya pakan ternak yang digunakan oleh peternak kita adalah pakan-pakan dari luar daerah, yang dalam link bisnisnya hanya dimainkan oleh 5 sampai 7 orang, karena perputaran uang dalam sektor itu kurang lebih 2 triliun, nah padahal sumberdaya lokal yang bisa kita lakukan dalam menciptakan pakan-pakan cukup baik dan kita akan lakukan penelitian apa kendalanya," ujarnya.