Masuk

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Kupang "DOLDOLU" Tema Utama Festival KTI

Kamis, 20 Juli 2023 | Juli 20, 2023 WIB Last Updated 2023-07-20T11:17:09Z


NEWSDARING-KUPANG- Yayasan Bakti Pengetahuan kawasan Indonesia Timur memilih Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai Tuan rumah untuk pelaksanaan Festival Kawasan Timor Indonesia 2023 yang bertempat di Kota Kupang.


Hal ini disampaikan secara daring oleh Direktur Yayasan BaKTi Muhammad Yusran Latipua dalam acara jumpa pers di ruang Garuda Kantor Walikota Kupang, Kamis,20/07/2023.


Dalam rangkaian acara Festival tersebut, pemerintah Kota Kupang juga menggandeng Bank BTN untuk Expo UMKM dan Expo Properti yang puncaknya akan dilaksanakan bersamaan dengan festival BaKTi pada, 27/07/2023 dengan tema Kupang DolDolu.


Tema yang diangkat merupakan reviu atau respek kepada kita bahwa dari jaman dulu sampai sekarang kita tetap hidup dalam budaya dan kesenian yang masih dipertahankan sampai sekarang.


Muhammad Yusran Latipua  selaku Direktur Yayasan BaKTi yang  bekerja sama dengan pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur dan akan melaksanakan festival Forum Kawasan Timur Indonesia (KTI) yang ke-9 2023 pada 26-27/07/2023, alasan BaKTi karena Ifen ini adalah kemajuan dari inovasi pembangunan di Indonesia terutama di kawasan Indonesia timur.



Menurut Yusran, Festival ini memungkinkan peserta untuk berbagi pengalaman dan informasi yang dinamakan praktik cerdas bukan destaktis atau praktik baik karena kita tidak membedakan/membandingkan mana baik dan yang tidak baik, karena praktik yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu tantangan pembangunan di satu wilayah dan berhasil.


Dalam kegiatan festival Forum Kawasan Timur Indonesia menghadirkan 1000 peserta dari semua kalangan, yang akan dilakukan secara hibrid dan bertempat di Hotel Harper.


Ada empat elemen penting yang akan dilakukan pada Festival ini, pertama bangun inspirasi, merupakan acara utama dalam Forum Festival KTI yang akan menampilkan praktik-praktik cerdas yang sudah di indentifikasi dan didokumentasikan termasuk praktik cerdas model pembangunan dari Provinsi NTT. Kedua,Ada side ifen yang di kemas dalam 17 diskusi-diskusi tematik terpisah yang akan dilakukan setelah forum utama pada sore hingga malam selama 2 hari. Ketiga Galeri informasi yang merupakan pameran yang menampilkan beragam keberhasilan dan pembelajaran dalam upaya pembangunan yang dikerjakan pemerintah, mitra pembangunan internasional dan NJO dan komunitas CSR. Keempat, Malam budaya merupakan rangkaian dari Festival KTI yang menampilkan pementasan budaya NTT dengan menghadirkan Kuliner khas NTT, fashion,tenun ikat, tari-tarian, musik dan lain-lainnya.


Lokal Champion ingkubator merupakan sesuatu yang baru di Forum Festival KTI IX merupakan kerjasama antara BaKTi dan Pemerintah Provinsi NTT yang mengindentifikasi ada 4 pendapat perubahan sosial dari 4 Desa yang memberikan inkubasi/inspirasi pada perubahan sosial dan kemajuan yang akan di tiru oleh desa-desa lain di bumi Flobamora.


Hadir dalam acara tersebut, Asisten II Setda Kota Kupang, Ignas Lega, S.H,  PJ Branch Manager BTN Kantor Cabang Kupang, Laloria N. Pardede dan Kepala Dinas Kominfo Kota Kupang, Andre Otta.